ADVERTISEMENTS
Mac OS X berjalan pada sistem file yang secara otomatis men-defragments danmengoptimalkan itu sendiri. Jadi jika Anda seorang pengguna Mac, kemungkinan Anda tidak akan perlu untuk defragment hard disk Anda. Namun fragmentasi adalah hanya salah satu dari banyak masalah yang dihadapi mengenai optimasi sistem.
Mac OS X sangat berbeda dari Windows. Instalasi program misalnya, hanya membutuhkan proses yang sederhana, drag n drop dari aplikasi DMG (image file) ke folder “Applications”. Itu karena sebagian besar aplikasi telah di-bundle Mac, yang berarti bahwa komponen yang diperlukan untuk menjalankan mereka berada dalam aplikasi itu sendiri.
Tapi ada kerugian untuk sistem ini. Setelah menjalankan aplikasi, file preferensi yang dibuat tidak dihapus setelah aplikasi di-uninstall. Setelah beberapa waktu, ini akan menghasilkan sebuah koleksi history file preferensi dan cache, yang pada akhirnya akan memakan ruang hard disk, walaupun hanya sedikit tetapi kenyataannya tetap bahwa file-file ini tidak diperlukan lagi.
Berikut ada beberapa utilitas yang akan membantu Anda untuk menyesuaikan, persoalisasi Mac OS X.
Optimizers

MainMenu

MainMenu memungkinkan Anda untuk melakukan tindakan dasar untuk mengoptimalkan sistem kliring dan cache aplikasi, memperbaiki perizinan dan membangun kembali indeks Spotlight.
IceClean
Serupa dengan MainMenu. IceClean dapat memperbarui prebindings, hak akses perbaikan, melakukan “system cleanup” (clear cache, remove log files dan temporary files), memverifikasi sistem disk, dan benar-benar menghapus semua file DS_store.
Personalization
Secrets
Secrets berbeda karena sebenarnya merupakan window preferensi yang memungkinkan Anda untuk men-tweak banyak pengaturan melalui System Preferences.
Backup
iBackup 2008
Aplikasi ini sederhana dan memungkinkan membuat beberapa profil backup yang digunakan untuk membuat cadangan file, folder, aplikasi dan sistem preferensi, dan data dari aplikasi sistem (Address Book, iCal, Stickies, Mail, iChat, Safari, iTunes, dan lain – lain). Juga mampu penjadwalan backup ke drive lokal atau jaringan atau server WebDAV harian atau mingguan danjuga dapat membuat arsip (zip.) dari backup Anda.